Select Page

Untuk menunjang pertumbuhan fisik anak agar sehat juga merangsang kecerdasan otak anak, makanan menjadi salah satu sumber yang paling banyak dibutuhkan oleh anak – anak di masa pertumbuhannya. Terlebih lagi, pada usia 1 hingga 7 tahun, anak sedang mengalami banyak hal yang menakjubkan dalam hidupnya sehingga mereka lebih suka bergerak aktif daripada berdiam diri, lebih suka bertanya banyak hal, mencoba sesuatu yang belum pernah mereka lakukan, hingga meniru apa yang dilakukan orang dewasa didekatnya. Oleh karena itu, dukunglah pertumbuhan mereka dengan memberikan makanan sehat hingga pemberian vitamin anak sebagai pelengkapnya.

Sayangnya, dimasa pertumbuhan yang berharga ini justru kebanyakan anak mengalami susah makan. Mereka selalu menolak makanan yang kita berikan dengan berbagai alasan. Ada yang secara terang – terangan menolak makan, ada juga yang beralasan ini dan itu. Jika anda juga memiliki putra dan putri yang sulit sekali untuk makan, maka cobalah perhatikan 7 cara bantu tingkatkan nafsu makan anak berikut ini.

Biarkan anak beraktifitas

Saat anak lebih suka bermain – main hingga berlarian di taman, janganlah mencoba untuk mencegahnya. Biarkan mereka bergerak aktif dan bermain. Jika anak sudah kelihatan lelah, ajaklah ia untuk makan. Kondisi yang lelah biasanya membuat nafsu makan anak menjadi lebih tinggi.

Hindari makan sendirian

Suasana yang lebih ramai akan membuat perasaan anak menjadi lebih senang. Untuk itu, hindari membiarkan anak makan sendirian. Sebaliknya, ajaklah ia untuk makan bersama keluarga atau makan bersama teman – temannya.

Buat permainan kecil

Cara yang kreatif juga bisa kita pakai untuk membuat anak mau makan lebih lahap. Caranya adalah dengan membuat sebuah permainan kecil. Buat anak berimajinasi jika sepiring nasi dan lauknya adalah sebuah lautan besar, sedangkan sendok dan garpu adalah jaring untuk menangkap ikan. Buat anak bermain seolah akan menangkap ikan (nasi) dengan menggunakan sendok garpu sebagai jaring dan memasukannya ke dalam mulut.

Berikan makanan yang bervariasi setiap harinya

Bosan dengan menu yang itu – itu saja bisa menjadi salah satu alasan anak susah makan. Maka dari itu, buatlah menu yang berbeda setiap harinya agar anak tidak mudah bosan.

Sajian yang menarik

Apa yang dilihat anak juga bisa menentukan kesan anak terhadap makanan dihadapannya. Tampilan yang menarik dan menggugah selera bisa membuat nafsu makan anak bertambah.

Hindari makan camilan sebelum makan nasi

Biasanya, jika anak sudah makan camilan terlebih dahulu, ia akan sulit untuk diajak makan. Sebaiknya jangan biarkan anak makan camilan sebelum ia makan berat.

Berikan madu khusus anak

Salah satu contoh vitamin yang baik untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan memberikannya madu. Madu provitamon misalnya, ia dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. terdapat banyak kandungan alami salah satunya adalah madu murni yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk membantu perumbuhan anak.

Dengan mengikuti beberapa cara diatas, maka kita tidak perlu khawatir anak mengalami susah makan. Makanan yang sehat ditambah dengan vitamin anak yang tepat dapat menjadi sebuah paduan yang sempurna. Jangan ragu untuk selalu berinovasi dalam menciptakan menu – menu sehat untuk anak dan dukung pertumbuuhan mereka dengan cinta dan kasih sayang kita.