Select Page

Secara garis besar kecerdasan dipengaruhi dua factor yakni faktor keturunan atau faktor genetik dan faktor lingkungan termasuk asupan vitamin kecerdasan anak. Seorang anak dapat mengembangkan berbagai kecerdasannya jika mereka memiliki keturunan yang cerdas dan dirangsang oleh lingkungan secara terus menerus.

Pentingnya Pemberian Vitamin untuk Kecerdasan Anak

Asupan vitamin sangat berguna bagi kebutuhan fisik dan biologis pada anak. Pemberian vitamin baik dilakukan sejak di rahim sampai masa remaja. Hal ini berguna untuk perkembangan otak, pencegahan dan pengobatan penyaki, serta dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan, dan keterampilan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di rahim sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel otak bayi. Semakin baik kualitas percabangan sel otak, semakin baik fungsi sinaps antara sel otak bayi dan balita.

Kenali 7 Manfaat Vitamin Otak untuk Kecerdasan Anak

  1. Omega 3 asam lemak penting untuk membentuk pembungkus saraf, serta sphingomyelin. Omega-3, asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan kita.
  2. Asam amino bermanfaat untuk membentuk struktur otak dan merangsang zat rangsang (zat neurotransmiter) pada koneksi sel saraf. Asparagin, yang dibuat dari asam amino, dan asam aspartat, diperlukan untuk menjaga keseimbangan pada sistem saraf pusat.
  3. Tirosin adalah asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuatan catecholamine dan serotonin neurotransmitter yang mempengaruhi pengendalian diri, konsentrasi, emosi dan perilaku anak. Tirosin pertama kali ditemukan di keju.
  4. Triyptophane adalah asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat katekolamin dan serotonin neurotransmiter yang mempengaruhi pengendalian diri, konsentrasi perhatian, emosi dan tingkah laku anak.
  5. Vitamin B. Vitamin B dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya ingat. Berkurangnya ingatan di otak sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin B.
  6. Asparagin dibutuhkan oleh sistem saraf untuk menjaga keseimbangan dan juga dalam transformasi asam amino. Asparagin juga ditemukan pada daging (semua jenis sumber), telur dan susu (juga produk serupa).
  7. Zat besi. Zat besi merupakan unsur penting dalam produksi dan pemeliharaan myelin dan mempengaruhi aktivitas syaraf. Zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk stimulasi saraf.

Dengan memberikan vitamin yang penting untuk kecerdasan otak anak, itu tidak berarti seorang anak akan segera menjadi cerdas. Karena fungsi kecerdasan dipengaruhi oleh tiga faktor penting yang terkait, yaitu faktor genetik, pemberian vitamin, dan lingkungan. Faktor lingkungan yang paling penting adalah stimulasi dini kecerdasan anak. Semakin dini rangsangan, semakin baik perkembangan otak anak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang vitamin kecerdasan anak, semoga bermanfaat bagi kehidupan anda.