Select Page

Anak bagi orang tuia adalah yang segala-galanya. Pasti orang tua akan melakukan segala hal untuk yang terbaik buat anaknya termasuk dalam segi kesehatannya. Salah satu untuk menjaga ketahanan tubuh dan juga kesehatan adalah memberikan madu anak.

Madu tidak hanya bisa di konsumsi oleh orang dewasa saja tapi anak juga bisa. Madu banyak mengandung nutrisi dan juga vitamin. Tetapi sekarang harus hati-hati dalam mengkonsumsinya. Banyak sekarang ini madu yang tidak asli. Untuk bisa membedakannya ada caranya sebagai berikut ini :

  1. Tuangkan madu dalam air

Salah satu cara mengetahui keaslian madu adalah dengan menuangkannya ke dalam air. Jika madu tersebut palsu maka madu akan menyebar dan membuat air menjadi keruh. Untuk memastikan yang asli maka aduklah campuran air dan juga madu. Kemudian diamkan selama 20 menit. Jika terdapat endapan butiran halus berwarna kuning pada dasar gelas, maka madu itu asli.

     2. Membentuk pola heksagonal

Ini adalah cara yang paling ajaib digunakan untuk mengetahui keaslian madu. Caranya adalah teteskan madu pada piring. Kemudian tuangkan beberapa sendok air lalu goyangkan. Jika mabu tersebut asli maka akan membentuk pola heksagonal atau biasanya pola rumah lebah.

     3. Meneteskan di kertas

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan meneteskan di kertas. Kertas yang digunakan bisa kertas karton atau kertas HVS. Jika madu tersebut asli maka akan lama untuk bisa tembus kertas. Waktu yang dibutuhkan bisa beberapa menit. Jika madu itu palsu hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik bisa menembus kertas.

     4. Menuangkan pada kuning telur

Cara yang bisa di lakukan dengan modal yang sedikit adalah dengan menggunakan kuning telur. Caranya tuangkan madu di atas kuning telur, bisa telur ayam atau bebek. Maka kuning telur tersebut akan terkoagulasi dan akan terlihat matang. Ini karena pada madu terdapat asam sedangkan pada telur mengandung protein. Sehingga bila dicampurkan akan terlihat matang.

    5. Memanaskan madu

Cara yang bisa dilakukan unutk mengetahui keaslian dari madu adalah dengan cara memanaskannya. Caranya melakukannya cukup mudah. Hanya dengan cara menuangkannya dalam tungku dengan api yang terlalu besar. Jika madu tersebut asli, maka ketika akan mendidih akan timbul gelembung-gelembung udara yang meletu-letup. Jika tidak asli maka akan timbul buih seperti ciri khas air gula ketika di masak.

Berikut tadi beberapa cara untuk mengetahui keaslian dari madu. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan agar bisa memberikan madu anak yang terbaik. Madu memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan juga baik untuk pertumbuhan. Demikian tadi beberapa pembahasan yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat buat pembaca dan juga yang lainnya.